Kutuk Penembakan Wartawan di Sumut, IMO-Indonesia: Tangkap dan Segera Adili!

  • Whatsapp
Kutuk Penembakan Wartawan di Sumut, IMO-Indonesia: Tangkap dan Segera Adili
  • Save
Kutuk Penembakan Wartawan di Sumut, IMO-Indonesia: Tangkap dan Segera Adili

JAKARTA | Ujungjalan.com – Ketua umum IMO-Indonesia, Yakub Ismail mengutuk penembakan terhadap Pemimpin Redaksi LasserNewsToday, Mara Salem Harahap yang dilakukan orang tidak dikenal (OTK).

“IMO-Indonesia mengutuk keras insiden yang dialami Mara Salem Harahap. Ini merupakan kejahatan kemanusiaan yang harus diusut tuntas siapa pelakunya,” kata Yakub Ismail kepada wartawan, Minggu (20/6/2021).

Bacaan Lainnya

Kepala Badan Media Masa Kadin Indonesia itu mengungkapkan, apapun alasannya, tindakan yang dilakukan pelaku penembakan tidak bisa dibenarkan.

“Mau pakai dalih apapun, tindakan pelaku tidak bisa dibenarkan. Terlebih, kejadian ini membawa sinyal negatif atas tugas-tugas jurnalistik di tanah air. Kasus ini harus dilihat sebagai sebuah ancaman bagi profesi jurnalis,” ujarnya.

Untuk itu, Yakub meminta kepada aparat penegak hukum agar segera memburu dan mengusut pelaku. “Sebab jika gagal mengungkap pelaku, maka masalah ini bakal mencoreng marwah jurnalisme di Indonesia. Semoga pelaku segera ditangkap dan diadili,” pungkasnya.

Baca Juga : Penembakan Terhadap Jurnalis Jadi Insiden Nasional, IMO-Indonesia Minta Kapolri Bentuk Tim Investigasi

Diberitakan sebelumnya, Mara Salem Harahap meninggal dunia dalam kondisi mengenaskan pada Sabtu (19/6). Ia ditemukan bersimbah darah di sekujur tubuhnya yang terbaring kaku.

Mara Harahap saat itu ditemukan berada di dalam mobil yang dikendarainya pada Jumat pukul 23.00 WIB dini hari. Lokasinya tidak jauh dari rumahnya di Huta VII, Nagori Karang Anyar, Kecamatan Gunung Maligas, Kabupaten Simalungun.

Dalam insiden itu, ditemukan dua luka tembak di tubuhnya. Salah satunya di paha sebelah kiri. Menanggapi kejadian ini, pihak Dewan Pers pun akhirnya buka suara.

“Sebuah kabar duka kembali mewarnai kehidupan Pers Indonesia. Pemimpin Redaksi LasserNewsToday, Mara Salem Harahap meninggal dunia pada Sabtu 19 Juni 2021. Dewan Pers menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Mara Salem Harahap,” ungkap Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh melalui siaran pers.

Selain Dewan Pers, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Medan juga turur mengecam pembunuhan terhadap Mara Salem Harahap.

“Kami mengecam pembunuhan terhadap Mara Salem Harahap. Apa pun alasannya, kekerasan dan aksi main hakim sendiri tidak dapat dibenarkan karena Indonesia adalah negara berasakan hukum. Kami mendesak Polda Sumut dan Polres Simalungun agar segera mengungkap motif dan menangkap pelaku pembunuhan Mara Salem Harahap,” kata Ketua AJI Medan, Liston Damanik, Sabtu (19/6/2021).

Baca Juga : Penembakan Terhadap Jurnalis Jadi Insiden Nasional, IMO-Indonesia Minta Kapolri Bentuk Tim Investigasi

Kematian Mara Harahap juga membuat Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti angkat bicara. Menurutnya, kematian almarhum merupakan duka bagi seluruh insan pers di tanah air. Untuk itu, dirinya ikut berbelasungkawa atas kejadian nahas ini.

“Saya mengecam kejadian kekerasan kepada jurnalis di Sumatera Utara. Secara pribadi, saya juga menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya rekan wartawan, Saudara Marsalem Harahap, dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan,” kata LaNyalla, Sabtu (19/6/2021).

Pihaknya meminta Polri agar segera mengusut tuntas kasus ini. Menurutnya, penembakan ini merupakan bentuk ancaman terhadap profesi wartawan.

“Polisi harus segera mengusut dan menangkap pelaku penembakan. Kejadian ini tidak bisa dibiarkan karena merupakan ancaman bagi kegiatan jurnalistik.”

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *